Inilah 11 Destinasi Tempat Wisata Keren di Subang

Tak kenal maka tak sayang. Demikian kata orang. Untuk lebih mengenal Subang, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang terdapat di Subang. Setelah tahu, kamu pasti akan semakin jatuh dengan kabupaten yang berada di Jawa Barat ini. Subang adalah rumah bagi beberapa air terjun serta tempat wisata bernuansa alam pegunungan. Jika kamu tahu, sebagian area Gunung Tangkuban Perahu masuk wilayah Subang.

Wilayah geografis Subang sendiri juga mencakup kawasan pesisir. Kabupaten ini juga dilewati Jalur Pantura yang hampir selalu menjadi headline ketika lebaran. Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Subang selain Gunung Tangkuban Perahu. Selain kedua tempat yang disebutkan di atas, masih ada beberapa tempat wisata menarik lain yang akan membuat kita jauh cinta dengan Subang. Berikut ini adalah 11 tempat wisata pilihan yang dapat kamu kunjungi di Subang, Jawa Barat.

1. Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater merupakan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Subang. Lokasi pemandian ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Tepatnya di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Subang. Di tempat ini kita bisa merasakan mandi air hangat di kolam-kolam berukuran luas yang tersedia. Atau jika ingin yang lebih privat kita juga bisa menggunakan beberapa kamar mandi khusus dengan biaya tambahan. Salah satu hal minor dari Pemandian Air Panas Ciater adalah perihal harga masuk ke lokasi kolam yang cukup mahal yakni Rp 80.000.

Selain kolam pemandian, kompleks Pemandian Air Panas Ciater juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain untuk menunjang kegiatan wisata. Termasuk lapangan tenis, voli, mini golf, gokart, area camping hingga outbond. Lokasi tempat ini juga tidak terlalu jauh dari kota Bandung sehingga banyak juga warga Bandung yang berkunjung ke Ciater. Dari Bandung jaraknya sekitar 32 km.

2. Gunung Tangkuban Perahu
Yang kita tahu selama ini mungkin lokasi Gunung Tangkuban Perahu hanya di wilayah Bandung saja. Sejatinya, Gunung Tangkuban Perahu berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Sebagian besar gunung ini bahkan masuk wilayah Subang. Jarak tempuh ke Gunung Tangkuban Perahu ini sekitar 7 km dari Air Panas Ciater sehingga kamu mungkin ingin menjadikan kedua tempat tersebut sebagai satu paket perjalanan.

Gunung Tangkuban Perahu sendiri dikenal memiliki beberapa kawah aktif dan memang itulah objek utama di tempat ini. Beberapa kawah yang paling terkenal adalah Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu spot favorite pasangan muda di Bandung untuk melaksanakan foto pre-wedding selain Kawah Putih. Bahkan ada spot khusus di sana untuk keperluan tersebut. Gunung ini sendiri juga sangat identik dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Gunung Perahu memiliki tinggi 2.084 mdpl.

3. Curug Cijalu
Di Subang kita akan menemukan beberapa air terjun yang berada di alam terbuka dan memiliki hawa sejuk. Salah satunya adalah Curug Cijalu yang berada di Desa Cipancar, Kecamatan Serangpanjang. Curug ini memiliki tinggi sekitar 70 meter dengan aliran air yang sedang.

Curug Cijalu menjadi tempat yang sangat ideal untuk mencari ketenangan karna curug ini tidak terlalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Lokasi curug ini sendiri berada sekitar 300 meter dari lokasi parkir sehingga kita harus trekking selama beberapa menit untuk sampai ke lokasi air terjun.

4. Curug Cileat
Curug lain di Subang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Cileat. Di curug ini terdapat dua buah air terjun yang lokasinya berdampingan dan jatuh dari tebing yang sama. Jarak kedua air terjun sekitar 10 meter dengan tinggi masing-masing air terjun adalah sekitar 80 meter. Air terjun yang sebelah kanan memiliki debet air yang lebih tinggi. Lokasi kedua air terjun ini berada di Desa Cibago, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang.

Perjalanan menuju curug ini sangat asyik karna kita akan melewati area persawahan dengan pemandangan yang sarat dengan keindahan. Sebelum sampai di Curug Cileat kita akan melewati tiga buah air terjun yang masing-masing bernama Curug Citorok, Curug Cimuncang dan Curug Cimuncang Pasir. Curug Cilaet juga merupakan tempat yang ideal untuk menyegarkan pikiran karna selain sepi, udara sejuknya akan memberikan efek positif ke pikiran.

5. Curug Cibareubeuy
Secara administratif, lokasi Curug Cibareubeuy berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang namun pengelolaannya dipegang oleh perhutani KPH Bandung Utara. Curug Cibareubeuy merupakan sebuah air terjun cantik setinggi kira-kira 40 meter. Selain air terjun, kita juga dapat mengunjungi beberapa tempat lain di sekitar sana. Ada sekitar empat situs purbakala yang ada di kawasan Curug Cibareubeuy. Jika ingin camping ceria, di sekitar curug juga tersedia area camping ground.

6. Curug Bentang
Curug Bentang merupakan sebuah air terjun yang berada di perbatasan antara Desa Sanca dan Desa Cibitung yang berada di Kecamatan Ciater. Fyi, di Ciater ada empat buah desa - Desa Sanca, Cibitung, Cibadak, dan Cibeusi - yang ditetapkan sebagai desa wisata dengan nama Desa Wisata Wangunharja. Kawasan desa wisata ini memiliki potensi wisata alam yang memikat, termasuk diantaranya adalah Curug Bentang dan Curug Cibareubeuy (poin 5).

Curug Bentang sendiri tidak terlalu tinggi, namun terlihat sangat cantik dengan airnya yang terlihat sangat jernih. Terdapat cekungan di bawahnya yang sangat cocok untuk berenang atau sekedar basah-basahan.

7. Capolaga Adventure Camp
Jika kamu sedang mencari lokasi untuk camping ceria bersama keluarga, komunitas atau teman kampus, Capolaga Adventure Camp bisa kamu jadikan pertimbangan. Lokasi tempat ini hanya berjarak sekitar 2 km saja dari Pemandian Air Panas Ciater. Total luas area wisata ini mencapai 10 hektar. Di kawasan wisata Capolaga Adventure Camp terdapat 4 buah air terjun yakni Curug Karembong, Curug Sawer, Curug Goa Badak dan Curug Cimuja. Jadi, selagi camping kamu juga bisa menjelajahi keempat air terjun tersebut.

Selain air terjun dan area camping, beberapa fasilitas lain yang terdapat di tempat ini antara lain villa, area outbond dan flying fox. Lokasi Capolaga Adventure Camp berada di Desa Cicadas, Kecamatan Ciater.

8. Penangkaran Buaya Blanakan
Di jalur Pantura Subang, tepatnya Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan terdapat sebuah penangkaran buaya yang cukup terkenal yakni Penangkaran Buaya Blanakan. Lokasi penangkaran buaya ini tak jauh dari kawasan hutan mangrove di Blanakan. Pengelolaannya dipegang oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat. Meski buaya dikenal sebagai binatang buas dan predator, mengunjungi Penangkaran Buaya Blanakan ini akan menadi pengalaman yang menyenangkan. Terlebih lagi, kita bisa membeli bebek untuk diberikan kepada para buaya penghuni penangkaran.

Di Penangkaran Buaya Blanakan ini terdapat 23 kolam yang menampung sekitar 407 ekor buaya. Ada dua ekor buaya jantan berusia lebih dari 30 tahun yang menjadi ikon Penangkaran Buaya Blanakan. Mereka adalah Baron dan Jack.

9. Desa Wisata Sari Bunihayu
Jika kamu sedang mencari lokasi outing kantor atau acara gathering keluarga besar, Desa Wisata Sari Bunihayu merupakan tempat yang sangat ideal. Suasana pedesaan dengan pemandangan sawah menjadi sajian yang akan kita dapatkan di tempat ini. Memiliki area sekitar 3 hektar, tempat ini menawarkan beberapa hal menarik untuk wisatawan. Kita akan diajak bermain permainan tradisional, melihat pertunjukan seni atau melihat proses pengolahan teh. Lokasi tempat ini berada di Jl. Patinggi No. 1 Desa Bunihayu Kecamata Jalancagak, Subang.

10. Kebun Teh dan Museum Teh
Selain pemandian air panas, di Ciater juga ada objek lain yang tidak kalah keren yakni perkebunan teh. Perkebunan teh ini akan kita lewati jika melakukan perjalanan ke Gunung Tangkuban Perahu via Subang atau Purwakarta. Sejauh mata memandang, hanya pemandangan hijau tanaman teh yang ada. Membuat mata menjadi segar. Jika ingin menginap di kawasan kebun teh ini terdapat beberapa vila yang bisa kamu sewa. Salah satu yang terkenal adalah Tea Garden Resort.

Di kawasan kebun teh ini juga terdapat sebuah museum yang memanfaatkan sebuah gedung tua peninggalan Belanda. Di museum tersebut pengunjung bisa mempelajari perkembangan kebun teh di Subang serta menikmati beberapa karya lukisan yang terbuat dari teh.

11. Kolam Renang Ciheuleut
Jika ingin menikmati hari libur dengan berenang bersama keluarga yang lokasinya tak jauh dari pusat kota Subang, kamu bisa mengunjungi Kolam Renang Ciheuleut. Lokasi tempat ini berada di area hutan kota Subang dan menempati luas sekitar 2 hektar. Terdapat 3 buah kolam renang yang tersedia di sana. Selain kolam renang sebagai objek utama, ada juga fasilitas lain yang terdapat di Kolam Renang Ciheuleut. Termasuk area untuk outbond.

Sumber: http://www.yukpiknik.com/destinasi/wisata-subang/


BAHASA INGGRIS
Do not know, then do not love. So people say. To get to know Subang, you can visit some tourist attractions located in Subang. Once you know, you will definitely fall with the district in this West Java. Subang is home to several waterfalls as well as natural attractions of mountainous nuances. If you know, some areas of Mount Tangkuban Perahu Subang area.

Subang geographical area itself also includes coastal areas. This district is also passed by Pantura Line which almost always become headline when Eid. Ciater Hot Spring is one of the most famous tourist attractions in Subang besides Mount Tangkuban Perahu. In addition to the two places mentioned above, there are still some other interesting sights that will make us far in love with Subang. Here are 11 places of choice you can visit in Subang, West Java.

1. Ciater Hot Spring
Ciater Hot Water Baths is one of the mainstay attractions Subang regency. The location of this bath is at the foot of Mount Tangkuban Perahu. Precisely in Ciater Village, Ciater Subdistrict, Subang Regency. The distance is about 30 km from downtown Subang. In this place we can feel a warm bath in the wide-sized pools are available. Or if you want a more private we can also use some special bathrooms at an additional cost. One of the minor things of Ciater Hot Spring is the price of entrance to the location of the pond is quite expensive that Rp 80,000.

In addition to swimming baths, Ciater Hot Water complex is also equipped with several other facilities to support tourism activities. Includes tennis court, volleyball, mini golf, go karts, camping area to outbound. The location of this place is also not too far from the city of Bandung so many also citizens of Bandung who visit to Ciater. From Bandung the distance is about 32 km.

2. Mount Tangkuban Perahu
What we know so far is probably the location of Mount Tangkuban Perahu only in the area of ​​Bandung alone. Indeed, Mount Tangkuban Perahu is located in the border region between West Bandung regency and Subang regency. Most of these mountains even enter the area of ​​Subang. Distance to Mount Tangkuban Perahu is about 7 km from Ciater Hot Spring so you may want to make both places as one travel package.

Mount Tangkuban Perahu itself is known to have some active crater and that is the main object in this place. Some of the most famous craters are Upas Crater, Domas Crater, and Kawah Ratu. Mount Tangkuban Perahu is one of the favorite spots of young couples in Bandung to carry out pre-wedding photos in addition to Kawah Putih. There's even a special spot there for that purpose. This mountain itself is also very synonymous with the legend of Sangkuriang and Dayang Sumbi. Mount Boat has a height of 2084 mdpl.

3. Curug Cijalu
In Subang we will find some waterfalls that are in the open and have a cool air. One of them is Curug Cijalu located in Cipancar Village, District Serangpanjang. This waterfall has a height of about 70 meters with a stream of water is.

Curug Cijalu becomes the ideal place to find tranquility because curug is not too crowded by tourist visit. The location of this waterfall itself is about 300 meters from the parking lot so we have to trekking for a few minutes to get to the waterfall location.

4. Curug Cileat
Another waterfall in Subang that is not less interesting to visit is Curug Cileat. In this waterfall there are two waterfalls that are located side by side and fall from the same cliff. The second distance of the waterfall about 10 meters with the height of each waterfall is about 80 meters. The waterfall on the right has a higher water debit. The location of the two waterfalls is located in the Village Cibago, District Cisalak, Subang.

The journey to curug is very fun because we will pass the rice field area with a landscape laden with beauty. Before arriving at Curug Cileat we will pass three waterfalls each named Curug Citorok, Curug Cimuncang and Curug Cimuncang Sand. Curug Cilaet is also an ideal place to refresh the mind because besides the quiet, cool air will give a positive effect to the mind.

5. Curug Cibareubeuy
Administratively, the location of Curug Cibareubeuy is located in Cibeusi Village, Ciater Subdistrict, Subang Regency but its management is held by Perhutani KPH North Bandung. Curug Cibareubeuy is a beautiful waterfall as high as approximately 40 meters. In addition to waterfalls, we can also visit some other places around there. There are about four ancient sites in Curug Cibareubeuy area. If you want to camping cheerful, around the waterfall is also available camping ground area.

6. Curug Span
Curug Bentang is a waterfall located on the border between Sanca Village and Cibitung Village located in Ciater District. Fyi, there are four villages in Ciater - Sanca Village, Cibitung, Cibadak, and Cibeusi - which is designated as a tourist village by the name of Wangunharja Tourism Village. The area of ​​this tourist village has an enchanting nature tourism potential, including Curug Bentang and Curug Cibareubeuy (point 5).

Curug Landscape itself is not too high, but looks very beautiful with water that looks very clear. There is a basin underneath that is perfect for swimming or just wet-basahan.

7. Capolaga Adventure Camp
If you are looking for a camping ceria location with your family, community or campus friends, Capolaga Adventure Camp can be taken into consideration. The location of this place is only about 2 km from Ciater Hot Spring. The total area of ​​this tourist area reaches 10 hectares. In the tourist area Capolaga Adventure Camp there are 4 waterfalls namely Curug Karembong, Curug Sawer, Curug Goa Badak and Curug Cimuja. So, while camping you can also explore the four waterfalls.

In addition to waterfalls and camping areas, some other facilities contained in this place include villas, outbound area and flying fox. The location of Capolaga Adventure Camp is located in Cicadas Village, Ciater District.

8. Breeding Crocodile Breeding
In the path of Pantura Subang, precisely Blanakan Village, Blanakan District there is a crocodile breeding is quite famous that the Breed Crocodile Breeding. Location of crocodile breeding is not far from the mangrove forest in Blanakan. The management is held by Perum Perhutani Unit III West Java. Although crocodiles are known as wild animals and predators, visiting the Breeding Crocodile Blanakan will be a fun experience. Moreover, we can buy ducks to give to crocodiles of captive breeders.

In this Crocodile Breeding Breeding there are 23 ponds that accommodate about 407 crocodiles. There are two male crocodiles over the age of 30 years who became the icon Breeding Crocodile Blanakan. They are the Baron and Jack.

9. Tourism Village Sari Bunihayu
If you're looking for the location of an office outing or big family gatherings, Tourism Village Bunihayu Sari is a very ideal. A rustic atmosphere with rice paddies to be a dish that we will get in this place. It has an area of ​​about 3 hectares, this place offers some interesting things for tourists. We will be invited to play traditional games, see the art show or see the tea processing. The location of this place is on Jl. Patinggi No. 1 Desa Bunihayu Kecamata Jalancagak, Subang.

10. Tea Garden and Tea Museum
In addition to thermal baths, in Ciater there is also another object that is not less cool ie tea plantations. The tea plantations would be arriving when traveling to Mount Tangkuban Perahu via Subang or Purwakarta. As far as the eye can see, only the green tea plant. Make your eyes fresh. If you want to stay in this tea garden area there are several villas that you can rent. One of the famous ones is Tea Garden Resort.

In this tea garden area there is also a museum that utilizes an old building of the Dutch heritage. In the museum visitors can learn the development of tea gardens in Subang and enjoy some paintings made of tea.

11. Ciheuleut Swimming Pool
If you want to enjoy a holiday with a swim with the family, which are located not far from the city center of Subang, you can visit the Swimming Pool Ciheuleut. The location of this place is in the forest area of ​​Subang town and occupies an area of ​​about 2 hectares. There are 3 pools available there. In addition to the swimming pool as the main object, there are also other facilities contained in Ciheuleut Swimming Pool. Including area for outbound.

Related : Inilah 11 Destinasi Tempat Wisata Keren di Subang

0 Komentar untuk "Inilah 11 Destinasi Tempat Wisata Keren di Subang"

Note: Only a member of this blog may post a comment.