8 Tempat Wisata Keren di Indramayu yang Sayang untuk Kamu Lewatkan!

Indramayu merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Mungkin nama kabupaten ini masih terasa asing bagi mereka yang tinggal diluar wilayah Jawa Barat. Tapi Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya layak untuk dikunjungi. Mungkin nama Indramayu belum seterkenal nama Bandung, Bogor, Garut atau kota lain di Jawa barat, tapi mengenai destinasi wisata di Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata sejarah. Nah disini Kita Muda akan coba membedah beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Dan bersiap-siaplah terpesona dengan Kabupaten Indramayu.

1. Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Tempat wisata ini masih menjadi andalan Pemkab Indramayu untuk menarik banyak wisatawan untuk bisa berkunjung ke Kabupaten Indramayu. Sekarang pantai ini kabarnya juga sudah menjadi pintu masuk menuju pulau biawak. Tentu saja pantai ini sedang digarap secara serius oleh Pemkab Indramayu untuk dijadikan destinasi wisata yang lebih menarik. Disini kamu bisa barmain air dipantai atau hanya sekedar menikmati suasana pantai. Lokasi: Pantai Tirtamaya, Desa Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat.

2. Pulau Biawak
Saat mengunjungi pulau ini, kamu akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut kamu kunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. Pulau ini juga dikelilingi pantai berpasir putih dengan ditanami tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya. Seperti namanya, disini kamu juga akan disambut oleh koloni biawak yang tersebar.

Kamu bisa melakukan banyak hal disini seperti memancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan. Lokasi: Pulau Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

3. Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah tergolong tempat wisata baru di Indramayu. Pantai ini memang belum seterkenal pantai-pantai lain, tapi pantai ini sudah cukup bisa mempesona kamu ketika mengunjunginya. Disini kamu bisa menikmati sunset dan sunrise dengan seksama karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. Selain itu, disini biasanya juga ada kapal-kapal nelayan yang bersandar yang menambah kecantikan pemandangan pantai ini. Lokasi: Pantai Balongan Indah, Kec. Balongan, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

4. Pantai Glayem
Pantai Glayem sangat mempesona dengan ombak yang relatif lebih kecil sehingga kamu bisa bermain air dengan nyaman. Saat ini pantai ini juga tengah dibangun pemecah dan penahan ombak. Disini kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil menaiki perahu bermotor yang siap membawa kamu berkeliling. Selain itu, ditepi pantai juga banyak penjual jasa penyewaan ban untuk berenang dan kereta wisata untuk mengitari pantai. Di pantai Glayem, kamu juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner dengan menu khas olahan laut ala Glayem. Lokasi: Pantai Glayem, Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat.

5. Pantai Karangsong
Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, kamu juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai ini. Kamu juga bisa membeli ikan yang masih fresh dan baru ditangkap ini ditempat pelelangan ikan yang ada di dekat sini. Hal yang cukup langka ditemukan dipantai-pantai lain, disini kamu juga bisa melihat aktivitas para pekerja dan perajin yang sedang membuat perahu atau kapal disepanjang jalan menuju Pantai Karangsong. Wuh sangat luar biasa.

Dikawasan ini juga ada hutan mangrove yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Disini kamu bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove dilahan seluas lebih 25 hektar. Selain itu, disini kamu juga bisa memancing, karena kabarnya dihutan ini menjadi tempat udang dan ikan besar bersemayam. Lokasi: Pantai Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

6. Pantai Lemah Abang Eretan
Pantai ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan, karena lokasinya sangat dekat dari jalur Pantai Utara. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu penahan ombak. Keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah tanahnya yang berwarna kemerahan. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini akan terlihat sangat jelas. Lokasi: Lemah Abang Eretan, Indramayu, Jawa Barat.

7. Situs Buyut Banjar
Disini merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara. Disini kamu bisa melakukan ziarah sekaligus membuktikan legenda monyet Banjar. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Disini ada sebuah legenda yang yang sangat populer dikalangan masyarakat sekitar mengenai monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor. Makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Lokasi: Situs Buyut Banjar, Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Indramayu Jawa Barat.

8. Taman Cimanuk
Lokasi taman ini terdapat jalan veteran Indramayu atau tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Selain itu, taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk tersebut. Tapi wisatawan tetap bisa menikmati berbagai kenyamanan dan keindahan tatanan taman ini. Lokasi: Taman Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat.

Bagaimana? Apakah kamu sudah terpesona dengan Indramayu? Masih ada banyak sekali pesona keindahan wisata di Indramayu. Jangan segan-segan untuk menambahkan di komentar yah.

Sumber: https://www.kitamuda.id/travel/2016/08/11/wisata-indramayu/


BAHASA INGGRIS
Indramayu is a district in West Java Province. Perhaps the name of this district is still foreign to those who live outside the area of ​​West Java. But Indramayu has so many tourism potentials that make it worth visiting. Perhaps the name of Indramayu is not as well known as Bandung, Bogor, Garut or other cities in West Java, but on tourist destinations in Indramayu should not be underestimated. Indramayu has interesting attractions such as beaches, islands and islands, to historical tourism. Well here We Young will try to dissect some interesting sights that you can visit. And be ready to be fascinated with the Regency of Indramayu.

1. Tirtamaya Beach
Tirtamaya Beach in Juntinyuat Village, Juntinyuat Sub-district, Indramayu. This tourist spot is still a mainstay Pemkab Indramayu to attract many tourists to visit the District Indramayu. Now the beach is reportedly also has become the entrance to the island lizard. Of course this beach is being worked on seriously by Pemkab Indramayu to be a more attractive tourist destination. Here you can barmain water on the beach or just enjoy the beach atmosphere. Location: Tirtamaya Beach, Juntinyuat Village, Kec. Juntinyuat, Indramayu, West Java.

2. Island Biawak
While visiting this island, you will be greeted by an ancient lighthouse tower built by ZN. Willem in 1872. This island becomes a tourist destination that you should visit because of the beauty it offers. The island has a marine park with beautiful ornamental fish and beautiful coral reefs. The island is also surrounded by white sandy beaches with planted mangroves and mangroves are quite complete species. As the name suggests, here you will also be greeted by scattered lizard colonies.

You can do many things here like fishing, snorkeling and adventure tours. Island lizard has an area of ​​120 ha located 40 km north of Indramayu City which can be reached by boat fishing. Location: Pulau Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, West Java.

3. Beautiful Balongan Beach
Balongan Indah Beach is classified as a new tourist spot in Indramayu. This beach is not as famous as other beaches, but this beach is enough to enchant you when visiting it. Here you can enjoy sunset and sunrise carefully because the beach is long enough and wide. In addition, here there are also usually fishing boats that add to the beauty of this beach scene. Location: Balongan Indah Beach, Kec. Balongan, Kab. Indramayu, West Java.

4. Glayem Beach
Glayem Beach is fascinating with its relatively smaller waves so you can play the water comfortably. Currently this beach is also being built breaker and retarder waves. Here you can enjoy the beauty of the beach while boarding a motorized boat that is ready to take you around. In addition, on the beach also many sellers of tire rental services for swimming and tourist trains to round the coast. On the Glayem beach, you will also be spoiled with culinary tours with a typical menu of Glayem-style seafood. Location: Glayem Beach, Juntinyuat, Indramayu, West Java.

5. Karangsong Beach
Besides enjoying the beautiful beach scenery, you can also see the busyness of the fishermen who are dismantling the fish catch. This is the main attraction of this beach. You can also buy fresh and freshly caught fish at the fish auction site nearby. It is quite rare to find other beaches, here you can also see the activities of workers and craftsmen who are making boats or ships along the road to Karangsong Beach. Wuh is incredible.

This area also has mangrove forest that has its own tourist attraction. To get to this mangrove forest, visitors must use the means of transportation of fishermen's boats. Here you can walk along the mangrove forest and see various types of mangroves on an area of ​​more than 25 hectares. In addition, here you can also fishing, because reportedly this forest becomes a place of shrimp and big fish reside. Location: Karangsong Beach, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, West Java.

6. Weak Beach Abang Eretan
The beach is very easy to reach by tourists, because the location is very close from the North Coast line. The beach is also surrounded by a wave rock. The uniqueness and attractiveness of this beach is its reddish soil. As the sun is blazing, the red land on this beach will be very clear. Location: Lemah Abang Eretan, Indramayu, West Java.

7. Site Buyut Banjar
Here is petilasan Pangeran Surya Nagara. Here you can make a pilgrimage as well as prove the legend of the Banjar monkey. This site is located in Bulak Kidul Village, Jatibarang Subdistrict, Indramayu Regency, West Java. Here there is a legend that is very popular among the people around the banjo monkey totaling never less or more only 41 tail. This tomb sacred by local communities and crowded at certain times such as Friday night kliwon, Eid al-Fitr and Eid al-Adha. Location: Buyut Banjar Site, Bulak Kidul Village, Jatibarang Subdistrict, Indramayu West Java.

8. Taman Cimanuk
The location of this park are veteran road Indramayu or just behind the great mosque Indramayu or below the main bridge near Hall Indramayu. In addition, the park became the new icon of the city of Indramayu is equipped with canoes made of bamboo that was propped in the middle of the river. Unfortunately this canoe is just a decoration can not be used to circle the Cimanuk River. But tourists can still enjoy the various comfort and beauty of this garden setting. Location: Taman Cimanuk, Indramayu, West Java.

How? Have you been fascinated by Indramayu? There is still a lot of charm of tourist attractions in Indramayu. Do not hesitate to add in the comment well.

Related : 8 Tempat Wisata Keren di Indramayu yang Sayang untuk Kamu Lewatkan!

0 Komentar untuk "8 Tempat Wisata Keren di Indramayu yang Sayang untuk Kamu Lewatkan!"

Note: Only a member of this blog may post a comment.