Menikmati Keindahan Pantai Santolo di Garut

Wisata alam sekarang memang sedang menjadi tujuan yang paling utama dikunjungi oleh para wisatawan. Selain kita bisa melihat keindahan panorama alam, kita juga bisa menenangkan fikiran dan juga merelaksasikan pikiran. Dalam kesempatan kali ini Kita akan pergi ke tempat wisata di ujung selatan Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo.

Pantai Santolo merupakan sebuah pantai yang begitu elok di Garut dan menjadi salah satu dari tujuh destinasi wisata unggulan di Kabupaten Garut. Kawasan wisata ini terletak di daerah Pameungpeuk, tepatnya di kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Berjarak sekitar 90km dari pusat Kota Garut dan memakan waktu sekitar 3,5 jam. 

Pantai Santolo memiliki keindahan yang tak kalah mempesona dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia. Udara yang sejuk dipadu hamparan pasir putih yang berdampingan dengan ombak laut yang berkilau bagai cahaya permata. Deretan terumbu karang yang menawan menjadi rumah bermacam biota laut yang sangat alami. Selain itu Kita bisa menikmati sunset dan sunrise yang merupakan salah satu fenomena yang paling ditunggu semua orang yang berkunjung ke pantai. Bagi yang gemar berfotografi disini juga bisa menjadi salah satu alternatif background foto anda. 

Selain keindahannya dipantai santolo ini juga menjadi tempat berkumpulnya para nelayan tradisional yang melaut dan merupakan daerah kegiatan nelayan sebagai dermaga kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Dari bibir Pantai Santolo kita akan menemukan pemandangan yang sangat menakjubkan, salah satunya adalah Muara Cilauteureun. Cilaut eureun dalam bahasa sunda berarti laut yang berhenti. karena air disana begitu tenang seolah-olah berhenti dan keunikan di muara ini ialah aliran airnya berasal dari laut menuju ke sungan bukan sebaliknya. Jadi sangat disayangkan bila anda tidak mengabadikan fenomena ini. 

Rute 
Rute 1: Garut - Cikajang - Cikelet - Pameungpeuk, rute ini merupaka rute umum dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Bagi anda yang melewati rute ini saya sarankan untuk berhati-hati karena jalan yang berkelok-kelok tajam. Selain itu rute ini banyak ditempuh oleh wisatawan dari Kabupaten Tasikmalaya, Bandung, Jakarta dan daerah lainnya. 

Rute 2: Ciwidey - Cisewu - Bungbulang - Pameungpeuk. Jalur ini lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum. Tetapi sebagai gantinya kita disuguhi pemandangan yang sangat bagus. 

Rute 3: Untuk yang dari bandung bisa menggunakan jalur Ranca Bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Atau dengan jalur alternatif yaitu melewati Pangalengan. 

Rute 4: Untuk pengunjung dari Pangandaran dan Tasikmalaya bisa menggunakan jalur lintas selatan Cipatujah. Saat ini kondisi jalan lintas selatan sangat baik. 

Aktivitas 
Beragam aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di pantai ini seperti berenang di tepi pantai, menikmati keindahan laut dan pantai secara langsung, foto selfie dan lain-lain. Bagi yang suka permainan ekstrim, disana juga disediakan banana boat yang memacu adrenalin kita. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000/orang Anda sudah dapat menaiki permainan yang dapat dikatakan paling banyak peminatnya. 

Bagi pengunjung yang hobi mancing, sangat memungkinkan melakukan aktivitas mancing di pantai Santolo. Aktivitas mancing bisa di area pelabuhan atau TPI dan di dermaga seberang area parkir bahkan bisa dilakukan di laut lepas dengan menyewa perahu milik warga sekitar. 

PERHATIAN!!!! 
Bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berenang ditepi pantai, utamakan selalu keselamatan dengan mematuhi peraturan yang ada. Meskipun aktivitas berenang di pantai ini sudah menjadi kebiasaan dari dulu namun bukan berarti selamanya aman dari bahaya yang mengancam keselamatan pengunjung karena kondisi laut sulit diprediksi 

Penginapan & Restoran 
Sudah tersedia cukup banyak penginapan disekitar pantai dengan beragam type yang bisa pengunjung pilih sesuai kebutuhan serta budget. Harga penginapan type kamar dengan kapasitas maksimal 2 orang mulai dari 250.000/malam sampai dengan 450.000/malam weekend. Untuk rombongan, tersedia juga penginapan type bunglow, dan jika ingin lebih hemat di budget, bisa pilih rumah sewa. 

Untuk urusan makan pengunjung tidak perlu khawatir karea disini sudah banyak restoran dan rumah makan biasa yang buka 24 jam terutama weekand. 80% menu makanan disetiap restoran atau rumah makan adalah seafood dan ikan bakar. 

Harga Tiket Masuk 
Berdasarkan kunjungan pada tanggal 20 mei 2017, harga tiket masuk pantai Santolo adalah Rp. 5,000/orang dan parkir Rp. 5,000/kendaraan (harga sewaktu-waktu bisa berubah).

BAHASA INGGRIS
Nature tourism is now being the most visited destination by tourists. In addition we can see the beauty of natural scenery, we can also calm the mind and also relax the mind. In this opportunity we will go to the tourist attractions at the south end of Garut regency of Santolo Beach.

Santolo Beach is a beach that is so beautiful in Garut and became one of the seven leading tourist destinations in Garut regency. This tourist area is located in the area Pameungpeuk, precisely in the subdistrict Cikelet, Garut, West Java. Located about 90km from the center of Garut city and takes about 3.5 hours.

Santolo Beach has a beauty that is not less fascinating with the beaches in Indonesia. Cool air combined white sand alongside with the sea waves that glow like a jewel light. Charming rows of coral reefs become home to a variety of marine biota is very natural. In addition We can enjoy the sunset and sunrise which is one of the most awaited phenomenon of all people who visit the beach. For those who like photography here can also be one alternative to your photo background.

In addition to its beauty on the beach santolo is also a gathering place for the traditional fishermen who go to sea and is an area of ​​fishing activities as a boat or boat dock in Pameungpeuk. From the lip of Santolo Beach we will find a very amazing sight, one of which is Muara Cilauteureun. Cilaut eureun in Sundanese means sea stop. Because the water there so quiet as if to stop and the uniqueness in this estuary is the flow of water from the sea to the sungan not vice versa. So very unfortunate if you do not perpetuate this phenomenon.

Route
Route 1: Garut - Cikajang - Cikelet - Pameungpeuk, this route is a public route and can be reached by public transport. For those of you who pass this route I suggest to be careful because the road is sharply winding. In addition, this route is mostly taken by tourists from Tasikmalaya, Bandung, Jakarta and other areas.

Route 2: Ciwidey - Cisewu - Bungbulang - Pameungpeuk. This line is quite far and there is no public transportation. But instead we were treated to a very nice view.

Route 3: For those from Bandung can use the route Ranca Bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Or with an alternative path that is through Pangalengan.

Route 4: For visitors from Pangandaran and Tasikmalaya can use the southern route of Cipatujah. Currently the condition of the southern road is very good.

Activity
Various activities that visitors can do on this beach like swimming by the beach, enjoy the beauty of the sea and beaches directly, selfie photos and others. For those who like extreme games, there is also provided banana boat that spur our adrenaline. The price is quite affordable, which is about Rp 25.000 / person you have to climb the game that can be said the most demand.

For visitors who like fishing, it is possible to do fishing activities on the beach Santolo. Fishing activities can be in the harbor area or TPI and on the dock across the parking area can even be done on the high seas by renting boats owned by local residents.

ATTENTION!!!!
For visitors who want to do swimming activities on the beach, always priority to safety by complying with existing regulations. Although the activity of swimming at this beach has become a habit from the past but it does not mean forever safe from the danger that threatens the safety of visitors because of the unpredictability of the sea

Lodging & Restaurants
Already available enough lodging around the beach with various types that can select visitors as needed and budget. The price of lodging type room with a maximum capacity of 2 people ranging from 250,000 / night to 450.000 / night weekend. For groups, there are also bunglow type lodging, and if you want more efficient in the budget, can select a rental house.

For business visitors do not have to worry because here are many restaurants and ordinary restaurants are open 24 hours, especially weekand. 80% of the food menu in every restaurant or restaurant is seafood and grilled fish.

Price of admission
Based on the visit on 20 May 2017, the price of the beach entrance Santolo is Rp. 5,000 / person and parking Rp. 5,000 / vehicle (prices are subject to change).

Related : Menikmati Keindahan Pantai Santolo di Garut

0 Komentar untuk "Menikmati Keindahan Pantai Santolo di Garut"

Note: Only a member of this blog may post a comment.