12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa bagian barat dan beribu kota di Bandung. Nama Provinsi Jawa Barat sempat diusulkan untuk diganti menjadi "Provinsi Pasundan" oleh Soeria Kartalegawa pada tahun 1947. Nama Pasundan merujuk pada banyaknya penduduk asli yang dari Suku Sunda di Jawa Barat. Namun wacana penggantian ini mendapat penolakan terutama dari tokoh daerah di Cirebon, karena di Jawa Barat tidak hanya Suku Sunda, namun juga ada suku lainnya seperti Suku Betawi dan Cirebon.

Jawa Barat memiliki berbagai tempat wisata yang sangat indah dan sangat layak untuk dikunjungi. Lokasi Provinsi Jawa Barat dekat dengan DKI Jakarta, sehingga pada musim liburan tiba banyak warga Jakarta yang melakukan perjalanan menuju Jawa Barat untuk tujuan wisata. Berikut kami tampilkan 12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat yang perlu dikunjungi anda bersama keluarga.

1. Pantai Pangandaran
Pernah ke Pantai Pangandaran di Jawa Barat? Kalau anda belum pernah ke tempat wisata Pantai Pangandaran, maka anda perlu untuk pergi kesana. Panti ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Dengan hamparan pantai yang panjang, ada berbagai jenis pemandangan yang ada, dari mulai hamparan pasir putih yang indah, deretan hotel yang bagus, penjual-penjual di sepanjang pantai sampai aktifitas para nelayan yang sedang melaut dapat anda saksikan di Pantai Pangandaran. Alamat lengkap Pantai Pangandaran adalah di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Dimana Kabupaten Pangandaran merupakan kabupaten baru hasilpemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat. 

2. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu sangat identik dengan Kota Bandung Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Saat ini Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang indah di Jawa Barat. Di Gunung Tangkuban Perahu pengunjung dapat melihat kawah yang jumlahnya ada 10 buah. Namun diantara kawah Gunung Tangkuban Perahu tersebut ada 3 yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas. Untuk menginjungi kawah tersebut pengunjung dapat menyewa kuda untuk ditunggangi.

3. Kawah Putih
Tempat Wisata Terindah yang ketiga yang ada di jawa Barat adalah kawah Putih yangada di Gunung Patuha. Kawah Putih memiliki warna yang berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Hal itu menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Secara umum kawah putih merupakan sebuah kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang yang sangat kuat. Saking kuatnya kandungan belerang ini, sampai tidak ada burung yang kuat melintas di atasnya. Dengan keindahan alamnya Tempat Wisata Kawah Putih dijadikan tempat pengambilan gambar Foto Prewedding dan beberapa adegan film.

4. Pantai Pelabuhan Ratu
Tempat Wisata Pantai Pelabuhan Ratu terdapat di Kabupaten Sukabumi, atau tepatnya 60 km arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Provinsi jawa Barat karena memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki beberapa topografi dari mulai pantai yang curam sampai landai, tebing karang yang terjal, ombak laut yang sangat besar, dan dilengkapi dengan hutan cagar alam yang masih asli.

Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar, karena memang termasuk dalam deretan pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh sebab itu bagi wisatawan sangat berbahaya apabila berenang di Pantai Pelabuhan Ratu ini. Ada sebuah mitos tetang Pantai Peabuhan Ratu di Jawa Barat ini, yaitu sebuah misteri yang berhubungan dengan Ratu Selatan atau Nyi Roro Kidul atau Ratu Kidul. Konon Ratu Kidul ini menyukai warna hijau, sehingga apabila ada pengunjung Pantai Pelabuhan Ratu maka akan terseret ombak.

5. Situ Patengan
Situ Patengan merupakan sebuah tempat wisata yang berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Situ Patengan juga sering dikenal dengan nama Situ Patenggang. Situ Patengan ini berupa danau dengan luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1600 mdpl. Dengan ketinggian ini maka Situ Patengan memiliki udara yang sangat sejuk. Daya tarik dari Situ Patengan selain pemandangannya yang indah adalah pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi Situ. Pada saat mengelilingi Situ ini pengunjung juga diajak berkunjung ke Pulau asmara dan batu cinta.

6. Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi tempat wisata ini sangat mudah dijangkau karena berdekatan dengan Kota Jakarta, Bogor dan Bekasi. Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu tempat wisata andalan di Jawa Barat. Taman Mekarsari ini adalah pusat pelstarian keanekaragaman hayati terutama buah-buahan tropika yang terbesar di dunia.

Berbagai jenis tanaman buah yang ada dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia.Selain sebagai tempat pelestarian, Mekarsari juga merupakan sebagai tempat penelitian budidaya, pemuliaan dan perbanyakan bibit yang kemudian disebarluaskan ke masyarakat. Pengunjung Taman Mekarsari dapat melihat langsung berbagai jenis tanaman buah tropika dan dapat mencobanya secara langsung di tempat itu.

7. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang berupa kebun botani tempat melestarikan aneka ragam tumbuhan yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bogor ini memiliki luas sekitar 87 ha dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan mencapat 15.000 jenis. Kalau Taman Mekarsari khusus menyimpan kolesi tanaman buah, di Kebun Raya ini lebih banyak berupa pohon dan berbagai tanaman di Indonesia.

Kebun Raya Bogor ini sering dikunjungi para pengunjung terutaman pada saat weekend. Selain karena sejarahnya, Kebun Raya Bogor juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya bunga bangkai atau Amorphophalus titanum. Pada saat berkembang dan mekar bunganya, bunga ini menebarkan bau yang mirip bangkai. Namun munculnya bunga ini tidak setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu saja.

8. Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung menawarkan berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati oleh anggota keluarga kita. Trans Studio Bandung merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang terletak di area Bandung Supermal. Trans Studio Bandung mejadi kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung yaitu dengan luas sekitar 4,2 ha. Pengunjung dari Trans Studio Bandung ini dari wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

Trans Studio Bandung telah didukung oleh berbagai fasilitas diantaranya : Trans Studio Theme Park: Pusat rekreasi indoor berkelas internasional, Trans Studio Mall Bandung: Pusat perbelanjaan kelas dunia yang artistik dan nyaman, Mega Tower: Kantor pusat Bank Mega cabang Bandung, The Trans Luxury Hotel - Hotel bintang 6, Ibis Hotel Bandung - Hotel bintang 3 dll. Selain itu juga ada puluhan wahana permainan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

9. Taman Bunga Nusantara
Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang ada di Cianjur Jawa Barat ini sangat cocok untuk anda yang merupakan penggemar bunga. alamat obyek wisata ini adalah di Jalan Mariwati Km 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur Jawa barat. Taman Bunga Nusantara ini menyimpan berbagai koleksi aneka ragam bungan yang didatangkan dari berbagai daerah termasuk juga berbagai bunga dari luar negeri. Pembangunan Taman Bunga Nusantara sudah dilakukan sejak tahun 1992. Tempat ini menjadi tempat tujuan wisata yang cukup populer di Jawa Barat.

10. Goa Buniayu
Pernah dengar istilah caving? Mungkin anda haris mencoba aktivitas yang satu ini. Caving merupakan istilah untuk kegiatan susur gua. Seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia banyak sekali terdapat gua-gua alam yang didalamnya memiliki pamandangan yang sangat menakjubkan. Di Jawa Tengah ada obyek wisata Gua Gong dimana disana terdapat gua yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang membentuk gugusan yang sangat indah.

Nah, di jawa Barat ternyata juga ada jenis gua seperti ini. Tempat Wisata untuk menyusuri gua di Jawa Barat adalah di Gua Buniayu. Gua Buniayu terdapat di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Untuk menyusuri Gua Buniayu diperlukan waktu sekitar 4-5 jam. Setelah keluar gua masih harus menempuh perjalanan darat sekitar 26 km dan melewati jalan yang berbukit. Namun pastinya berwisata di Gua Buniayu dan menyusuri gua pastinya akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam.

11. Green Canyon
Tempat wisata Green Canyon yang dimaksud disini adalah sebuah wisata yang terdapat di Pangandaran Jawa Barat. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat melakukan rafting ke sungai dan melewati arus sungai yang cukup deras. Selain itu di sepanjang sungai dapat dilihat pemandangan berupa tebing-tebing tinggi yang sangat menawan. Tempat wisata Grand Canyon di Pangandaran ini sudah terkenal di jawa Barat sebagai tempat wisata yang menawarkan aktifitas outdoor yang penuh dengan petualangan.

12. Pantai Ujung Genteng
Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pantai Ujung Genteng ini bisa dikatakan sebuah tempat wisata yang masih asli dan belum terjamah oleh banyak orang. Namun karena masih belum dilakukan pengembangan, akses ke lokasi pantai Ujung Genteng masih boleh dikatakan buruk.

Pengunjung yang datang pun masih sepi, belum seramai temmpat wisata lain. Namun demikian tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini, karena sebagian orang malah ingin menikmati pemandangan alam yang masih sepi, sehingga dapat lebih tenang. Di lokasi tempat wisata ini pengunjung selain menikmati pemandangan yang indah dapat juga memancing dan melihat penyu hijau di penangkaran penyu di Pangumbahan.

Sumber: http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/2015/01/12-tempat-wisata-daerah-jawa-barat-yang.html

BAHASA INGGRIS
West Java is one of the provinces located in the western part of Java Island and thousands of cities in Bandung. The name of West Java Province was proposed to be changed into "Pasundan Province" by Soeria Kartalegawa in 1947. The name Pasundan refers to the abundance of indigenous people from the Sunda tribe in West Java. However, this replacement discourse received rejection, especially from regional leaders in Cirebon, because in West Java is not only the Sundanese, but also other tribes such as Tribes Betawi and Cirebon.

West Java has various tourist attractions that are very beautiful and very worth to visit. Location of West Java province close to DKI Jakarta, so that during the holiday season many Jakarta residents who travel to West Java for a tourist destination. Here we show 12 Tourist Places West Java Region that needs to visit you with family.

1. Pangandaran Beach
Been to Pangandaran Beach in West Java? If you have never been to the tourist attractions Pangandaran Beach, then you need to go there. This home has a very nice view. With a long stretch of beach, there are various types of scenery, ranging from beautiful white sand beaches, fine hotel rows, beach sellers to the activities of fishermen who are fishing at Pangandaran Beach. The complete address of Pangandaran Beach is in Pananjung Village, Pangandaran District, Pangandaran Regency, West Java Province. Where Pangandaran Regency is a new regency of region procurement in West Java Province.

2. Mount Tangkuban Perahu
Mount Tangkuban Perahu is very synonymous with Bandung City West Java. Mount Tangkuban Perahu is one of the most active volcanoes in Indonesia. Currently Mount Tangkuban Perahu become one of the beautiful tourist destination in West Java. At Mount Tangkuban Perahu visitors can see the crater that there are 10 pieces. But among the crater of Mount Tangkuban Perahu there are 3 most frequented by tourists, namely Kawah Ratu, Upas Crater and Domas Crater. To menginjungi the crater visitors can rent a horse to ride.

3. White Crater
The third most beautiful place in West Java is the crater of Putih yangada in Mount Patuha. White crater has a color that changes when exposed to sunlight. It becomes uniqueness of this sights. In general, white crater is a greenish crater and shrouded in a thin smoke haze and contains a very strong sulfur. So strong this sulfur content, until no strong birds pass over it. With its natural beauty White Crater Places made a shooting place Prewedding Photos and some movie scenes.

4. Pelabuhan Ratu Beach
Pelabuhan Ratu Beach Tour is located in Sukabumi Regency, or exactly 60 km south of Sukabumi. Pelabuhan Ratu Beach becomes one of the attractions attractions in the province of West Java because it has a beautiful view of the sea. Pelabuhan Ratu Beach has some topography from steep to sloping beaches, steep cliffs, huge ocean waves, and is equipped with pristine nature reserves.

This beach has a very large waves, because it is included in a row of the southern coast that borders directly with the Indian Ocean. Therefore for tourists is very dangerous when swimming in Pelabuhan Ratu Beach. There is a myth about Peabuhan Ratu Beach in West Java, which is a mystery associated with the South Queen or Nyi Roro Kidul or Ratu Kidul. It is said that Queen of South is like the color green, so if there are visitors Pelabuhan Ratu beach will be dragged waves.

5. Situ Patengan
Situ Patengan is a tourist spot located in Ciwidey area, South Bandung, West Java, Indonesia. Situ Patengan also often known as Situ Patenggang. Situ Patengan is a lake with an area of ​​about 45,000 ha and is at an altitude of 1600 mdpl. With this altitude then Situ Patengan has a very cool air. The attraction of Situ Patengan in addition to the beautiful scenery is that visitors can get on the boat and surround Situ. At around this Situ visitors are also invited to visit the island of romance and love stone.

6. Mekarsari Tourist Park
Mekarsari Tourist Park is a family tourism place located in District Cileungsi, Bogor regency, West Java. The location of this tourist spot is very easy to reach because it is adjacent to the City of Jakarta, Bogor and Bekasi. Mekarsari Park is one of the mainstay tourist attractions in West Java. Mekarsari Park is the center of biodiversity, especially the largest tropical fruits in the world.

Various types of fruit plants are collected from various regions in Indonesia.Selain as a conservation area, Mekarsari is also a place of research cultivation, breeding and propagation of seeds that are then disseminated to the community. Visitors of Mekarsari Park can see first hand the various types of tropical fruit plants and can try it directly in that place.

7. Bogor Botanical Garden
Bogor Botanical Gardens is a tourist place in the form of botanical gardens to preserve the diversity of plants in Indonesia. Bogor Botanical Gardens has an area of ​​about 87 ha and has a collection of trees and plants reach 15,000 species. If Taman Mekarsari specifically collect fruit tree collections, the Botanical Garden is more like trees and various plants in Indonesia.

Bogor Botanical Garden is often visited by visitors terutaman at the weekend. In addition to its history, Bogor Botanical Garden also has other attractions, namely the presence of carrion flower or Amorphophalus titanum. At the time of flowering and blossoming flowers, this flower spread a carcass-like smell. But the emergence of these flowers are not every day, only certain times only.

8. Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung offers a variety of vehicle rides that can be enjoyed by our family members. Trans Studio Bandung is an integrated tourism area located in the area of ​​Bandung Supermal. Trans Studio Bandung became the widest and complete entertainment area in Bandung with an area of ​​about 4.2 ha. Visitors from Trans Studio Bandung is from domestic tourists and foreign tourists.

Trans Studio Bandung has been supported by various facilities including: Trans Studio Theme Park: Internationally-renowned indoor recreation center, Trans Studio Mall Bandung: World-class artistic and convenient shopping center, Mega Tower: Bank Mega branch office of Bandung, The Trans Luxury Hotel - 6 star hotel, Ibis Hotel Bandung - 3 star hotel etc. In addition there are dozens of games that are very dear to miss.

9. Taman Bunga Nusantara
As the name implies, the existing tourist attractions in Cianjur West Java is perfect for you who are fans of flowers. The address of this tourism object is on Jalan Mariwati Km 7 Kawungluwuk Village Sukaresmi District Cianjur regency, West Java. Taman Bunga Nusantara store various collections of various kinds of flowers imported from various regions including also various flowers from abroad. Development of Taman Bunga Nusantara has been done since 1992. This place became a popular tourist destination in West Java.

10. Buniayu Cave
Ever hear the term caving? Maybe you should try this one activity. Caving is a term for cave-breaking activities. As we all know that in Indonesia there are many natural caves in which has a very amazing view. In Central Java there are attractions Gong Cave where there is a cave in which there are stalactites and stalagmites that form a very beautiful cluster.

Well, in West Java there is also a kind of cave like this. Tourist place to follow the cave in West Java is in Buniayu Cave. Buniayu Cave is located in Kerta Angsana Village, Nyalindung Subdistrict, Sukabumi Regency, West Java Province. To walk through Buniayu Cave takes about 4-5 hours. After exiting the cave still have to travel overland about 26 km and through a hilly road. But certainly a trip in the Cave of Buniayu and down the cave will certainly leave a very deep impression.

11. Green Canyon
Green Canyon tourist attractions are meant here is a tour located in Pangandaran West Java. In this tourist location visitors can do rafting to the river and through the river flow is quite heavy. In addition, along the river can be seen scenery of high cliffs are very charming. Grand Canyon tourist attractions in Pangandaran is already famous in West Java as a tourist attraction that offers outdoor activities full of adventure.

12. Ujung Genteng Beach
Ujung Gading Beach Beach Place is located in Gunung Batu Village, Ciracap Subdistrict, Sukabumi Regency. This beach has a beautiful landscape. Ujung Genteng Beach can be said a tourist place that is still original and untouched by many people. But because there is still no development, access to the location of Ujung Genteng beach can still be said bad.

Visitors who came was still quiet, yet seramai temmpat other tours. However, it could not hurt to visit this beach, because some people even want to enjoy the natural scenery is still quiet, so it can be more calm. At the location of this tourist attraction visitors in addition to enjoying the beautiful scenery can also fish and see the green turtles in turtle breeding in Pangumbahan.

Related : 12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi

0 Komentar untuk "12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi"

Note: Only a member of this blog may post a comment.